Daftar Harga Batako Putih 2018

#BATAKOPUTIH – Daftar Harga Batako Putih Terbaru 2018, Batako merupakan bahan bangunan yang menjadi alternatif batu bata. Saat ini setidaknya ada 2 jenis batako yang bisa dibilih, yaitu batako putih dan batako press. Untuk batako putih atau tras ukuran yang paling umum adalah 8 x 14 x 25 cm hingga 10 x 18 x 30 cm. Untuk pembuatannya sendiri mengandalkan campuran batu kapur, tras dan air.

Campuran nantinya akan dicetak sesuai bentuk yang diinginkan, setelah itu dibakar agar kokoh dan tahan lama. Kelebihan batako putih dari bahan bangunan lainnya adalah bentuknya yang sederhana, sehingga pemasangan menjadi lebih cepat. Selain itu harga dari batako putih juga relatif murah. Meski begitu batako putih juga memiliki beberapa kekurangan, seperti lebih mudah pecah, lembab dan retak. Selain itu jika batako putih digunakan untuk rangka beton, maka jumlahnya bisa jadi sangat banyak.

Jenis yang kedua adalah batako press , yang mana biasanya ukuran yang ada di pasaran sekitar 8 x 18 x 36 cm hingga 10 x 20 x 40 cm. Ada banyak bentuk batako press yang dapat dipilih dan banyak dijual, diantaranya yang paling terkenal adalah batako yang berlubang atau hollow block dan batako yang tidak berlubang atau solid block. Meski begitu bahan pembuatannya tetap sama, yaitu dengan menggunaan pasir, semen dan air.

Selain ketiga bahan tersebut, batako juga bisa dicampur dengan kerikil yang kasar, sehingga ketahanannya lebih kuat. Untuk pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda seperti saat membuat adukan. Hanya saja pada tahap terakhir adukan akan dicetak dan dikeringkan sedemikian rupa agar kokoh dan tidak mudah retak.

Ada banyak kelebihan yang disandang oleh batako press. Diantaranya yang paling penting adalah kedap air, penggunaan untuk rangka beton yang relatif sedikit, ukurannya tidak membuat para pengguna membutuhkan perekat atau aci dalam jumlah banyak. Selain itu produktor dari jenis batako ini relatif banyak, sehingga mudah ditemui dan harganya tidak terlampau tinggi jika berubah-ubah (fluktuasi).

Meski begitu batako press juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah harganya memang yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Selain itu batako press juga kemungkinan untuk mengalami retak rambut lebih tinggi. Terlebih jika pilihannya pada batako berlubang, rongga yang kosong membuat dinding bisa lebih cepat berlubang pula.

Harga Batako Per Buah Terbaru

Harga batako bisa dibilang ditentukan tergantung tempat Anda membelinya, karena setiap daerah bisa saja berbeda dan setiap produktor pun bisa saja berbeda pula harganya. Namun ada patokan sederhana yang bisa Anda gunakan untuk nantinya menerka berapa harga batako yang dibutuhkan oleh bangunan yang akan Anda buat.
Ukuran batako 10 x 20 x 40 cm
Harga batako Rp 2.300/ buah
Jumlah batako 20 buah/ m2
Jadi, harga batako 2.300 x 20 = Rp 46.000/ m2
Berat Jenis Batako (+/-)
Kering 950 kg/ m3
Basah 1000 kg/ m3
Kuat tekanan 5 N/ mm2
Ketahanan terhadap api 4 jam
Konduktifitas termis 0,339 W/ mk
Perbandingan Harga dengan Batu Bata
Harga batu bata Rp 500/ buah
Jumlah batu bata 60 buah/ m2
Jadi, harga batu bata 500 x 60 = 30.000/ m2

*Harga Bisa berubah seiring waktu. Tempat anda membeli juga sangat berpengaruh pada perbedaan harga.

Jika kita lihat perbandingannya, maka kita akan menyangka bahwa harga batako lebih mahal dibandingkan dengan harga batu bata. Hal ini memang bisa saja terjadi. Meski begitu fakta di lapangan memperlihatkan bahwa pemasangan batu bata membutuhkan plester dan aci yang biayanya sendiri tidak murah. Sedangkan seperti yang dijelaskan sebelumnya, batako tidak membutuhkan banyak atau bahkan tidak perlu sama sekali memakai aci dan plester.

Selain itu melihat kelebihan-kelebihan lainnya dari batako dibandingkan batu bata, rasa-rasanya batako merupakan pilihan yang tepat saat ini. Terlebih perlu diketahui pula bahwa berat dari batako lebih ringan dibandingkan batu bata merah, sehingga beban kontruksi akan dapat lebih dikurangi.

Selain itu jika Anda kreatif atau ingin lebih menekan harga, maka Anda bisa membuat batako sendiri saat proses pembangunan. Tentu ini bisa jadi jalan keluar yang cocok dibandingkan menggunakan batu bata merah ataupun bata hebel. Bahkan juga batako dikatakan mudah dibongkar, sehingga baik proses pembangunan maupun pembongkaran bisa berlangsung dengan cepat.

0 Response to "Daftar Harga Batako Putih 2018"

Posting Komentar

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel